Anda pasti sudah banyak mengenal situs Facebook.com, situs Social Networking untuk mencari teman, kenalan baru, ataupun untuk sekedar nampang dan “eksis” didunia maya yang hampir sama seperti Friendster.com dan Myspace.com dimana kita dapat membuat jaringan teman dan sosial semau kita.
Nah kabarnya situs Facebook.com ini sekarang menjadi situs Social Networking terbesar didunia. Tentunya setelah Facebook.com dikabarkan dapat mengalahkan Myspace.com, dengan kata lain saat ini Facebook.com lebih besar daripada Myspace.
Seperti yang dilaporkan oleh Techcrunch.com, berdasarkan pada laporan data terbaru dari comScore, Facebook berhasil menyedot sekitar 200 juta pengunjung unik (unique visitor) dalam sebulan. Dibandingkan dengan Myspace yang hanya mampu menyedot sekitar 100 juta pengunjung tiap bulannya. Dan hanya enam bulan yang lalu, Facebook dan Myspace terpaut tipis di angka 100 juta pengunjung, namun angka Facebook meroket sekitar 10,8% setiap bulannya. Di bulan Desember, data Comscore menunjukkan 222 juta pengunjung unik dari seluruh dunia telah mengunjungi Facebook, bertumbuh lebih dari bulan sebelumnya. Dibandingkan Myspace hanya menambah 4 pengunjung unik di bulan Desember hingga totalnya mencapai 125 juta pengunjung di seluruh dunia.
Sumber : comScore
Lebih dari 1 dari 5 orang yang mengakses Internet pada bulan itu mengunjungi Facebook. Jika sebuah situs sudah mencapai ukuran sebesar itu, biasanya pertumbuhan akan stagnan/tetap, namun untuk kasus Facebook mereka masih memiliki pertumbuhan yang mengesankan. Sedangkan Myspace masih tetap.
Namun jika dilihat untuk pengunjung di Amerika saja, Myspace masih yang terbesar mengungguli Facebook, namun apabila tren saat ini terus berlangsung, tahun 2009 akan menjadi tahun terakhir di mana MySpace tetap memegang posisi puncak di A.S. Pada bulan Januari 2010, menurut tren pertumbuhan saat ini, Facebook akan mengambil alih MySpace sebagai situs Social Networking terbesar di A.S.
Saat MySpace dimintai komentar mengenai tren pertumbuhan, mereka mengatakan bahwa mereka “berfokus pada pengembangan bisnis global secara berkelanjutan yang kami ukur berdasarkan pendapatan dan keuntungan - bukan hanya jumlah pengunjung semata. Dalam situasi ekonomi yang sulit, pendapatan kami masih meningkat 30 persen dari tahun ke tahun dan kami terus menitik beratkan pada pasar dengan peluang penguangan yang besar. MySpace terus mendominasi pasar A.S - yang menyumbang pendapatan iklan terbesar, baik dalam hal monetisasi (program mencari uang di internet) maupun pengunjung dengan lebih dari 76 juta pengunjung unik dan pertumbuhan sebesar 40% setiap tahun.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar